• SMK DIPONEGORO CIPARI
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

GELAR KARYA P5

Pada tahun pelajaran 2022/2023, hampir setiap sekolah telah menerapkan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Kurikulum Merdeka memang disetting berbeda dari kurikulum-kurikulum sebelumnya. Salah satunya adalah aspek yang termuat di dalamnya, yaitu P5. P5 tidak sekadar meminta anak belajar dan membuat proyek. Namun, ada juga apresiasi berupa GELAR KARYA P5 dari sekolah terhadap usaha peserta didik selama pelaksanaan proyek.

Kenapa harus ada P5? Satu alasan utamanya adalah untuk memperkuat karakter dan pencampaian kompetensi siswa yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Jadi patokannya terdapat pada profil pancasila tersebut. Dalam hal ini, profil pancasila mendorong pendidik agar berupaya untuk mempersiapkan peserta didik yang tangguh dalam menghadapi global challange.

Lantas, haruskah ada program gelar karya dalam implementasi P5? Secara global memang tidak wajib. Namun, dari segi alur pelaksanaan P5, gelar karya sangat penting sebagai wujud aksi nyata. Gelar karya akan memfasilitasi peserta didik untuk memperlihatkan proyek yang berhasil dibuatnya. Dengan kata lain, program ini adalah ajang untuk memberikan apresiasi terhadap keberhasilan suatu proyek.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
HADRAH SMK DIPONEGORO CIPARI

Kegiatan Ekstrakulikuler hadrah adalah salah satu kegiatan di luar jam pelajaran sekolah untuk mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas peserta didik di bidang seni terutama Seni Hadr

24/03/2021 06:57 - Oleh Administrator - Dilihat 24 kali
PPDB SMK DIPONEGORO CIPARI

Tata Cara Pendaftaran : Sebelum ke tahap pertama, SIAPKAN Foto Copy Akta Lahir, Kartu Keluarga dan Pas Photo (Format Jpg) Calon peserta didik mengisi formulir PPDB Online

24/03/2021 06:57 - Oleh Administrator - Dilihat 14 kali